Sesungguhnya ilmu yang disembunyikan akan melaknati pemiliknya

Jumat, 21 November 2008

Kurikulum danPBM

KURIKULUM DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR


A. Komponen Kurikulum

Dilihat dari uraian structural kurikulum ada 4 komponen utama, yakni :

1. tujuan

2. isi dan struktur kurikulum

3. strategi pelaksanaan

4. komponen evaluasi

Keempat komponen ini saling berkaitan satu sama lainnya sehingga merefleksikan satu kesatuan yang utuh sebagi program pendidikan.

1. Tujuan Kurikulum

Tujuan institusional adalah tujuan yang harus dicapai oleh suatu lembaga pendidikan, artinya apa yang harus dimiliki siswa setelah tamat dari lembaga tersebut. Kemempuan yang diharapakan untuk dimiliki siswa sertelah mereka menyelesaikan program studinya pada lembaga tersebut.

Tujuan kurikuler merupakan tujuan bidang studi atau mata pelajaran sehingga harus mencerminkan hakikat keilmuan yang ada dalam bidang studi itu.

Tujuan instructional merupakan tujuan yang paling langsung dihadapkan kepada anak didik dalam proses belajar-mengajar.

2. Isi dan Struktur Kurikulum

Menurut nana sudjana, ada 4 alasan mengapa perlunya dilakukan pilihan dalam menetapakan isi kurikulum, antara lain :

a. Tugas dan tanggung jawab sekolah dalam mencerdaskan anak didik sangat terbatas, baik dari segi waktu maupun sumber yang tersedia.

b. Tututan kebutahan masyarakat senantiasa berkembang dari waktu ke waktu.

c. Ada beberapa jenjang dan tingkat pendidikan sesui dengan tujuan dan hakikat perkembangan anak, menyebabakan pentingnya memilih isi kurikulum yang sesui dengan tujuan dari setiap jenjang dan tingkat pendidikan.

d. Pendidikan formal disekolah merupakan sub system dari pendidikan sepanjang hayat.

3. Kriteria Memilih Isi Kurikulum

Beberapa kriteria dalam memilih isi kurikulum :

a. Isi kurikulum harus sesuai, tepat dan bermakna bagi perkembangan siswa.

b. Isi kurikulum harus mencerminkan kenyataan social, artinya sesuai dengan tututan hidup nyata dalam masyarakat.

c. Isi kurikulum harus mengandung pengetahuan ilmiah yang konprenhensif, atinya mengandung aspek intelektual, moral dan social secara seimbang.

d. Isi kurikulum harus mengndung aspek ilmiah yang tahan uji.

e. Isi kurikulum harus mengandung bahan yang jelas. Teori, prisip dan konsep yang terdapat di dalamnya bukan sekedar informasi factual belaka.

f. Isi kurikulum harus dapat menunjang tercapainya tujuan pendidikan

4. Stategi Pelaksanaan Kurikulum

Sepuluh kompetensi yang harus dikuasai dan dimiliki oleh guru :

a. Mengusai bahan.

b. Mengelola program belajar mengajar.

c. Melaksanakan program belajar mengajar.

d. Mengenal kemampuan anak didik.

e. Menguasai landasan-landasan kependidikan.

f. Mengelola interaksi belajar mengajar.

g. Memiliki prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran.

h. Mengenal fungsi program bimbingan dan penyuluhan di sekolah.

i. Mengenal dan melaksanakan administrasi di sekolah.

j. Memahanmi prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.

5. Evaluasi Kurikulum

Evaluasi terhadap input kurikulum mencangkup evaluasi sumber daya yang dapat menunjang program pendidikan, seperti; dana, sarana, tenaga, konteks social, dan penilaian terhadap siswa sebelum menempuh program ( pretes ).

B. Kurikulum Muatan Local

1. Pengertian Muatan Local

Muatan local diartikan sebagai program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan social, dan lingkungan budaya serta kebutuhan pembangunan daerah yang perlu diajarkan kepada sisiwa.

2. Tujuan Muatan Local

Secara umum tujuan muatan local adalah mempersiapkan murid agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang lingkungannya serta sikap dan perilaku bersedia melestarikan dan mengembangkan sumber daya alam, kualitas social, dan kebudayaan yang mendukung pembangunan nasional maupun pembangunan setempat.

a. Tujuan langsung

1) Bahan pengajaran lebih mudah diserap oleh murid.

2) Sumber belajar di daerah dapat di manfaatkan untuk kepentingan pendidikan.

3) Murid dapat menerapakan pengetahuan dan keterampilan yang di pelajarinya untuk memecahkan masalah yang ditemukan disekitarnya.

4) Murid dapat lebih mengenal kondisi alam, lingkungan social dan lingkungan budaya yang terdapat didaerahnya.

b. Tujuan tidak langsung

1) Murid dapat meningkatkan pengetahuan mengenai daerahnya.

2) Murid diharapkan dapat menolong orang tuanya dan menolong dirinya sendiri dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.

3) Murid menjadi akrab dengan lingkungan dan terhindar dari keteransingan terhadap lingkungannya sendiri.

0 Comments:

Post a Comment



  © Free Blogger Templates Selamat Hari Raya Aidilfitri by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP